Minggu, 22 Februari 2015

2014 Jadi Rapor Terburuk VW

// // Leave a Comment
Berlin, KompasOtomotif - Penjualan mobil penumpang Volkswagen turun 4 persen di November, sekaligus penurunan terbesar bulanan sepanjang 2014. Pasar terganggu di Eropa Timur dan Amerika Latin, selain itu ada peralihan model dengan diluncurkannya generasi baru Passat, bulan lalu.

Dalam pernyataan resmi, penjualan model VW tercatat hanya 508.400 unit, dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya, 529.500 unit. Melalui hasil ini, maka produsen mobil terbesar di Eropa itu sama sekali tidak mencatatkan pertumbuhan penjualan dalam empat bulan terakhir di pasar global.

Pada Oktober lalu, penjualan VW tergerus tipis 0,4 persen, sedangkan September dan Agustus cenderung flat.

"Perkembangan tantangan di pasar dunia akan terus menjadi pengingat kami hasil tahun ini," jelas Christian Klingler, Kepala Penjualan VW, dilansir Reuters (9/12/2014).

Klingler mengelak, salah satu alasan mengapa penurunan penjualan terjadi karena faktor pengiriman unit Passat baru di November yang belum normal, terutama di Eropa yang merupakan pasar terbesarnya. Di sisi lain, konsumen juga menahan diri untuk membeli Passat lawas, sambil menunggu model baru tersedia di jaringan pemasaran.

"Passat baru terlihat menikmati dan punya dorongan kuat sejak debutnya di pasar dua pekan lalu. Kami masih dalam suasana positif, apalagi model ini berhasil mencatatkan hasil positif dalam berbagai macam tes di Eropa, serta permintaan terus naik dari seluruh wilayah ini," beber Klingler.

Sepanjang sebelas bulan pertama tahun ini, penjualan VW mengalami tekanan dari risiko politik yang terjadi di Eropa tengah dan timur, sehingga penjualan turun 8 persen di kawasan ini. Di Rusia saja, penjualan anjlok hingga 20 persen.

Penjualan di Amerika Latin juga anjlok 18 persen sepanjang tahun ini, dengan penurunan terbesar di Brasil yang turun hingga 13 persen. Di Amerika Utara, penjualan turun 6 persen sedangkan di Amerika Serikat saja juga melandai 11 persen. Hanya di China, VW berhasil mendulang lonjakan penjualan hingga 12 persen, menjadi 2,26 juta unit.

0 komentar:

Posting Komentar